Kamis, 10 Juni 2010

KOMUNITAS TARING BABI


Taring Babi adalah komunitas independen, juga dikenal sebagai marjinal, Afra (Anti Fasis, Anti Rasis), dan Tempe Quality. Sebagai sebuah komunitas, mereka berkomitmen untuk berjuag demi kesetaraan dan keadilan dengan sering bergabung bersama pasukan band lokal, media kolektif, dan organisasi pekerja untuk membangun kegiatan dan kampanye yang inklusif dan kreatif. Dasar rumah mereka juga berfungsi sebagai distro, dimana mereka menjual t-shirt, lencana, pin, dan album mereka telah dibuat, serta sebuah studio cetak
Komunitas Taringbabi, dari Setu Babakan, Jakarta, misalnya, pada tahun 2000 membangkitkan kembali Benyamin S sebagai ikon. Namun Benyamin mereka gambar kembali memakai baret ala Che Guevara, tokoh revolusioner dari Amerika Latin. Kini, luar biasa desain ciptaan Bobi itu menjadi ikon Jakmania, penggila bola kesebelasan Persija, Jakarta.
Beberapa komunitas reggae Jakarta pun menyandingkan wajah Benyamin S dengan Bob Marley, raja reggae dari Jamaika, dengan teks: “Ben Marley”. Atau produk Bakung Vibration dari Joel Thaher, satu-satunya distro untuk komunitas reggae di Jakarta yang menawarkan desain-desain teranyar, dari kaos, topi, gelang, tas hingga pakaian dalam perempuan.
Distro di Jakarta kini mulai menggeser merek-merek lokal kebanyakan produksi clothing company besar yang sudah punya nama. Harga yang murah adalah keunggulan Distro. Sepotong kaos bisa seharga Rp.30.000. Desainnya banyak menampilkan simbol-simbol kebebasan kaum muda. Kata-kata segar seperti “Ngehe!”, “Mantraps!”, “Pang Nat Det” muncul di kaos, emblem dan pin. Tidak ada di kamus umum. Tak heran jika Distro, benar-benar lebih mampu merebut hati anak muda.
Letak distro menyebar di seantero Jabotabek, mengisi ruang publik, dan menggunakan paviliun rumah tinggal atau gudang. Selain sebagai tempat jual beli, distro-distro juga merupakan tempat bertukar informasi, aktivitas nonton film bareng, diskusi dan workshop. “Beberapa acara gig komunitas underground juga mendapat dukungan finansial dari distro-distro. Pokoknya, tetap berdikari, do it yourself!” 





9 komentar:

  1. Band PUNK asal inggris GBH akan mengguncang Tenis Indoor Senayan Jakarta tgl 21 April 2012 jam 20.00, Info Tiket dpt menghubungi Unking Adv 083811336969

    BalasHapus
  2. bang kalung taring babi yg asli di jual gakk ?
    sama baju masberto ???

    BalasHapus
  3. ada yang mau beli taring babi ngak
    kalau ada yang mau beli ini nomor gue
    08565164963

    BalasHapus
  4. di tunggu sms/ tlfon nya.

    BalasHapus
  5. Saya punya taring babi ukir sepesil ukir taring yang mau bli wa 081805494183

    BalasHapus
  6. Saya punya taring babi ukir sepesil ukir taring yang mau bli wa 081805494183

    BalasHapus